BSI International Expo 2024 Dorong Pertumbuhan UMKM dan Partisipasi Investasi Masyarakat Indonesia



Saat melihat puluhan umbul-umbul di sekitar Jakarta Convention Center 22 Juni kemarin, saya langsung mampir dan registrasi, ternyata masuk ke Expo ini gratis! Saya langsung mengedarkan pandangan ke beberapa booth, takjub! Partisipan event ini terbilang akbar! Buktinya, gelaran Expo yang dinisiasi oleh PT.Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) ini berdasarkan sumber bankbsi.co.id, terdapat 265 lebih tenant mitra-mitra UMKM yang terbagi dalam 21 kategori mulai dari Fashion, Travel hingga Food & Beverage. Hal ini menunjukkan gairah ekosistem halal yang semakin tumbuh dalam berbagai lini bisnis juga gaya hidup.

Konsep halal bukan hanya pada aturan makanan saja namun banyak aspek yang penting diperhatikan, termasuk diantaranya soal traveling, bagaimana bertransaksi keuangan hingga menjalankan usaha. Di BSI Expo 2024 inilah saya mendapatkan tambahan wawasan literasi keuangan digital yang lebih berwarna dan pemahaman konsep halal yang lebih sempurna.

Melihat berbagai karya para UMKM tanah air, takjub dan membuat lapar mata di sana, kualitas yang unggul tak kalah dengan buatan luar negeri yang selalu digadang-gadang sebagai produk kebanggaan sebagian orang. Kepenatan saya selepas meeting di weekend itu terobati dengan atmosfer yang meriah bernuansa hijau tosca khas BSI.

       



Memperkuat Ekosistem Halal Melalui UMKM

Indonesia sebagai negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak kedua di dunia dan menempati peringkat ke-3 State of the Global Islamic Economy (SGIE) 2023 setelah Arab Saudi dan Malaysia, tentunya sudah sangat memungkinkan menjadi negara dengan destinasi halal terbaik dunia dan menjadi referensi terdepan. Atmosfer halal ini tentunya hidup berkat adanya berbagai instrumen yang menjadi komoditi. Peran UMKM Indonesia dapat menjadi salah satu pendorongnya dengan menyediakan berbagai produk yang dibutuhkan masyarakat Indonesia dari mulai kebutuhan sandang dan pangan buatan dalam negeri dengan konsep halal.

Menurut data Kemenkeu 2019, 65,4 Juta UMKM di Indonesia telah menyumbang kemajuan ekonomi Indonesia ditunjang dengan kemudahan akses perbankan termasuk BSI yang mendukung UMKM Indonesia melalui berbagai kemudahan transaksi dengan prinsip syariah diantaranya program KUR (Kredit Usaha Rakyat), SME dan program-program pembiayaan lainnya. Apalagi pertumbuhan Fintech Syariah pun sudah semakin adaptif dalam menunjang literasi keuangan digital yang lebih memudahkan lagi pada pelaku UMKM untuk terhubung dengan produk perbankan.

BSI International Expo 2024 tentu saja menjadi wadah yang paling efisien dalam menampilkan produk-produk UMKM Indonesia dengan konsep halal dan bervariasi, ini menjadi kesempatan untuk UMKM dalam melakukan ekspansi usaha, promosi serta branding produknya.



Investasi Emas, BSI Paling Konsisten!

Beranjak ke dalam, saya antusias karena ada talkshow Investasi Emas & Gold Snow di panggung utama, senang tentunya karena saya sangat suka mengais inspirasi dari berbagai acara talkshow seperti ini apalagi ada Narasumber Safir Senduk, Financial Planner yang memiliki jam terbang tinggi dalam edukasi keuangan secara umum. Di BSI International Expo 2024 ini Safir Senduk bersama Sandra Sunanto dari Hartadinata Abadi membagikan tip soal investasi emas yang aman dan memberikan benefit.

Bicara soal investasi, tentu saja sangat penting untuk semua masyarakat Indonesia karena dengan investasi akan menyelamatkan kondisi keuangan kapanpun. Investasi yang menguntungkan adalah investasi yang dijalankan dengan konsisten dan berjenjang. Lebih berkah lagi tentunya jika investasi tersebut melalui instrumen keuangan berbasis syariah yang akan mengundang keberkahan terhadap rezeki yang dimiliki dan diinvestasikan tersebut.

Safir Senduk menyarankan untuk masyarakat yang ingin berinvestasi emas, sebaiknya pandai melihat peluang termasuk memantau perubahan harganya untuk memperoleh benefit lebih tinggi. Safir juga menyarankan agar investasi emas dilakukan bertahap sesuai kemampuan. Menurutnya, investasi emas sifatnya liquid mudah dicairkan kapan saja. Jika dana belum mencukupi untuk membeli tunai, bisa mencicil dengan membeli emas melalui aplikasi dengan ketentuan. BSI Mobile memudahkan siapapun untuk berinvestasi emas dengan mulai harga yang paling kompetitif terjangkau.

Mengapa Sebaiknya Investasi Emas di BSI?

BSI konsisten memfasilitasi investasi emas baik secara luring maupun aplikasi BSI mobile dengan berbagai pilihan dan untuk membeli investasi pada BSI Mobile, bisa kapan saja bisa dilakukan selagi terhubung dengan internet.

Investasi emas bisa tenang jika platform tempat berinvestasi terdaftar dalam lembaga keuangan terpercaya, BSI pilihan tepat yang memberikan legalitas atas seluruh produknya termasuk dalam urusan investasi emas. Selain itu, kepastian hukum dalam transaksinya juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

Selain berinvestasi emas, BSI juga memfasilitasi gadai emas jika nasabahnya sedang membutuhkan uang tunai tanpa bunga.





BSI International Expo 2024 Bertabur Hadiah, Hiburan Seru dan Ajang Berjejaring

Acara yang digelar selama empat hari ini bukan sekadar Expo namun banyak menghubungkan berbagai pihak untuk berkolaborasi dalam bisnis, mencari peluang dan memperoleh banyak insight untuk lebih memahami konsep halal dalam segala aspek kehidupan dari berbagai item yang dipamerkan di sana.

Para pebisnis pun dapat bersinergi dengan berbagai elemen dengan memperkuat inklusi keuangan syariah yang menjadi salah satu fondasi perekonomian Indonesia yang pada praktiknya diisi dengan berbagai kategori usaha termasuk UMKM.

Perlu digarisbawahi, jika ingin Indonesia maju dan kita sebagai warganya sejahtera, sudah saatnya sebagai individu pun berpartisipasi dalam menambah pengetahuan literasi digital keuangan terutama yang berbasis syariah untuk menambah value aktivitas baik dalam pekerjaan, mendukung pertumbuhan UMKM dalam negeri dengan berpartisipasi menggunakan segala elemen inklusi keuangan syariah, bertransaksi dengan prinsip syariah dalam memenuhi kebutuhan dasar maupun investasi serta berbelanja segala keperluan pada gerai-gerai UMKM yang terverifikasi baik dari segi kualitas, keamanan dan kehalalannya. Jika kita mampu berpartisipasi aktif, ekosistem halal pun akan semakin tumbuh dan berdampak pada kemajuan ekonomi Islam yang memberikan nilai tambah dalam berbagai aspek.

Tidak lupa, untuk ikut berkarya juga di dalamnya. Bukan hanya menjadi pengikut namun Indonesia sudah saatnya menjadi trendsetter dalam berbagai inovasi ekonomi Islam dengan terpenuhinya standar produk dan jasa berbasis syariah. Caranya adalah dengan terus berinovasi dalam kreativitasnya dengan memanfaatkan fasilitas berteknologi digital, memanfaatkan pembiayaan perbankan seperti yang diberikan oleh BSI dalam pendanaan UMKM melaui KUR dan lain-lainnya. Serta manfaatkan event-event besar seperti BSI International Expo 2024 untuk berjejaring dalam mendapatkan partner kolaborasi atau mendapatkan peluang baik dari pertemuan dengan berbagai pihak yang hadir di sana. 

Melihat dari berbagai aktivitas dan keseruan di acara ini, setiap pengunjung termasuk saya mendapatkan banyak oleh-oleh berharga dari acara ini berupa wawasan literasi keuangan berbasis syariah di era teknologi dan dapat berjejaring dengan sesama pengunjung yang datang dari berbagai elemen masyarakat serta menikmati hiburan berkelas dari artis-artis seperti Band Kahitna dan RAN. Semoga BSI International Expo berkelanjutan serta dapat menyuguhkan ciri khas expo yang selalu dinantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia maupun dunia.   

No comments