Vivobook S 14 OLED (S5406) Laptop ASUS AI Untuk Si Gesit dengan Mobilitas Tinggi

 


Apa yang terlintas kalau mendengar kata AI  atau Artificial Intelligence? Sebagian besar akan langsung tertuju ke Chat GPT, Google Translate, Google Map dan lain-lain kan? AI saat ini dianggap paling membantu dalam urusan mencari informasi dan sumber-sumber yang dibutuhkan oleh masyarakat baik untuk pendidikan atau pekerjaan. AI dianggap sebagai sarana untuk mencari informasi yang paling efektif oleh sebagian besar masyarakat terutama oleh para pekerja kreatif seperti penulis, desainer grafis dan public speaker. Awalnya kehadiran AI saya sempat kontra namun setelah ditelisik lagi, AI justru dapat membantu jika penggunaannya bijak dan perkembangan digital serta ilmu pengetahuan yang dinamis perlu diadaptasi jika tidak mau tersingkirkan.

Akhirnya, saya mau berdamai dengan kondisi tersebut, menerima kehadiran AI pelan-pelan sambil mempelajari dan menelaah fungsi-fungsinya dan bijak dalam menggunakannya karena harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi tentunya.

Kehadiran AI yang mewarnai segala aktivitas di era kini diadopsi dalam fitur laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) yang baru diluncurkan pada 27 Juni 2024 di Pullman Central Park yang dihadiri oleh beberapa partner ASUS seperti Media, Blogger, KOL, Influencer dan Dealer ASUS.

ASUS jeli dalam upaya memenuhi kebutuhan konsumennya terutama untuk konsumen yang produktif dan memiliki mobilitas tinggi dalam aktivitasnya. Maka inovasi yang dikeluarkannya sangat relevan dengan dinamika aktivitas yang berhubungan dengan teknologi digital di masa kini. Penasaran bagaimana kecanggihannya? Berikut hasil dari pengalaman saya mencoba laptop keren ini di lokasi acara peluncuran.


Mist Blue & Neutral Black Colour

Tipis, ringan dan gaya

Vivobook S 14 OLED (S5406) selain menjadi laptop yang fungsional juga menjadi penambah nilai gaya hidup, seperti yang dikatakan Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director di acara peluncuran. Bagaimana tidak? Laptop ini ketebalannya 13,9mm dengan bobot 1,kg saja dengan dua warna pilihan mist blue dan neutral black yang berkelas, ada nuansa pride look saat menentengnya dalam berbagai acara. Apalagi jika harus meeting maraton dari satu tempat ke tempat lain, saat pakai kendaraan umum pun rasanya tidak menjadi beban membawa laptop ini.

Walaupun ringan dan tipis, Vivobook S 14 OLED (S5406) memiliki ketahanan yang teruji dengan body full-metal tersertifikasi US Military Grade Durability (MIL-STD-810H) yang membuat laptop ini bertahan dalam berbagai kondisi ekstrim.



Kinerja yang powerful

Setelah mengetahui penampilan fisiknya yang tangguh, Vivobook S 14 OLED (S5406) memiliki performance yang maksimal dengan Windows 11 asli disertai CPU performa tinggi didukung dukungan AI - Intel® Core Ultra 7 155H dan chip Intel® AI Boost NPU yang membuat transisi lancar dan stabil. Tentu membantu banget saat pekerjaan menumpuk dan membutuhkan transisi dari satu browser ke beberapa homepage atau saat membuka banyak worksheet bersamaan Karena multitasking.

Bekerja atau belajar terasa aman dan nyaman dengan layar ASUS Lumina OLED dengan dukungan HDR dengan display WUXGA (1920x1200px) 16:10 memberikan warna yang kaya dan kenyamanan pandangan cahaya di layar yang disesuaikan. Buat yang sering berkutat dengan pekerjaan desain grafis atau visual lainnya, sangat membantu untuk mendapatkan warna dan presisi yang detail.

Privasi saat meeting atau pertemuan online ada pada fitur Close-Up Camera Privacy Shield jadi, saat tidak dibutuhkan untuk on camera tinggal geser privacy shield tersebut. Tidak ada rasa khawatir untuk terekspos secara tidak sengaja.

Ketika mengetik pun terasa nyaman karena keyboard ergonomis dengan RGB 1-Zone backlight yang adjustable bisa disesuaikan penampilannya sesuai selera. Misalnya saat semangat membara, nyalakan light namun saat slow bisa dimatikan kembali. Touchpad pada keyboard ini juga berukuran besar sehingga memudahkan proses pekerjaan.


Full I/O Ports 


Port Thunderbolt 4.0

Selain layar, konektivitas dan audio pada laptop ini juga powerful dengan dua port Thunderbolt 4.0 dan kualitas audio  Sound by Harman/Kardon tersertifikasi  Dolby Atmos stereo sound system yang membuat suara standing out dan dramatis! Dilengkapi full I/O Ports yang semakin menambah ekspresi dalam produktivitasnya.

Unleash AI Performance

Sesuai dengan tipenya, ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) yang didesain dengan memaksimalkan fitur AI untuk menunjang kebutuhan konsumen untuk efisiensi berbagai aktivitasnya maka kekuatan prosesor generasi terbaru TDP (Thermal Design Power) hingga 50W dengan kombinasi NPU (Neural Processing Unit) membuat kinerja AI berjalan efisien, stabil dan responsif.


AI Copilot Button 

Fitur AI Copilot Button adalah primadona dari ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) karena tombol copilot ini menjadi fitur unik yang membantu penggunanya dalam mengakses AI secara cepat dengan satu kali tekan saja pada tombol tersebut. Baik untuk mengedit gambar, video, suara hingga pengorganisasian file secara cepat. Pada saat membutuhkan berbagai referensi pun dapat dipenuhi dengan cepat. Siapapun dapat berkreasi dengan kreativitasnya tanpa batas dengan bantuan fitur ini.

Mendukung beban kerja berat

Saat pekerjaan menumpuk dan memerlukan durasi panjang intensitas padat, tidak perlu khawatir kehabisan daya, dengan kapasitas Battery 75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion dan teruji ketahanannya hingga 16 jam dapat mendukung produktivitas tanpa batas. Bahkan laptop ini dapat diisi melalui daya dari powerbank laptop.


Benchmark hasil pengujian baterai (dok: Asus Indonesia)

ASUS IceCool Thermal Technology

Perangkat ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) yang digunakan dengan intensitas tinggi ini juga diatasi dengan sistem pendingin ASUS IceCool Thermal Technology dengan Dual Fan dengan pipa panas, kipas ganda dan ventilasi ganda sehingga terhindar terjadinya overheat dan kondisi laptop tetap stabil serta terjaga.

Laptop berbasis AI ini sudah mempertimbangkan banyak hal yang berhubungan dengan kinerjanya sehingga siapapun yang memiliki mobilitas tinggi, cocok jika menjatuhkan pilihan pada laptop ini sebagai teman beraktivitas.

Harga Laptop AI ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) adalah Rp18.299.000, worth it dengan banyak manfaat pada fitur-fiturnya. Untuk mendapatkannya bisa mengakses di ecommerce atau di Toko Online ASUS.

Keseruan Launching ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)



Setiap acara ASUS selalu memberikan bonding yang baik dengan peserta undangan, saat memasuki area acara sudah terasa kemeriahannya, mulai desain gerbang menuju pintu acara, dekorasi hingga properti di area display produk laptop sangat mengundang untuk mengabadikan keseruannya. Ditambah ada photobooth yang memfasilitasi seluruh undangan untuk berfoto dengan sentuhan Artificial Intelligence.

Dalam sesi pembukaan acara pun tak kalah seru, dancer yang atraktif merepresentasikan identitas ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) yang atraktif, modern dan berkelas. Dilanjut dengan pemaparan sambutan, product knowledge dari tim manajemen ASUS Gina Lai dan Jimmy Lin dan sesi talkshow bersama Agusleo Halim dan Eca Aura.

Seperti biasa, ASUS juga paling royal dalam bagi-bagi keseruan berhadiah, menjelang akhir acara, ASUS menantang beberapa peserta untuk main games dan memberikan door prizes dengan aneka hadiah berkelas yang diantaranya terdapat laptop yang sedang diluncurkan ini sebagai hadiah utamanya. Seru!


Games berhadiah dengan peserta undangan

Talkshow pengalaman produk bersama Eca Aura dan Agusleo Halim

Door Prizes

Photobooth dengan sentuhan AI

Bersama Rekan Bloggers

Semoga ASUS semakin dekat dengan konsumennya dan mampu menyerap lagi aspirasi dari konsumen agar lebih mudah memetakan kebutuhan konsumen terhadap fitur-fitur yang mendukung setiap aktivitasnya.


Berikut Fitur lengkap dari ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)





 



No comments